Pengertian Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Pdf Download PATCHED
CLICK HERE === https://fancli.com/2tvUN4
Pengertian Kognitif, Afektif dan Psikomotorik dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran, ada tiga ranah yang harus diperhatikan oleh guru dan siswa, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Ranah kognitif berkaitan dengan kegiatan mental atau intelektual, seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Ranah afektif berkaitan dengan kegiatan emosional atau perasaan, seperti minat, sikap, nilai dan motivasi. Ranah psikomotorik berkaitan dengan kegiatan fisik atau motorik, seperti keterampilan gerak, koordinasi dan ketangkasan.
Ketiga ranah ini harus dikembangkan secara seimbang dan komprehensif dalam proses pembelajaran agar siswa dapat mencapai kompetensi akademik, sosial dan kreatif secara optimal. Guru harus merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di setiap ranah. Siswa juga harus berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam pembelajaran di setiap ranah.
Berikut adalah beberapa pengertian kognitif, afektif dan psikomotorik dari berbagai sumber:
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah kognitif memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu: pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (syntesis) dan penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation). Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi[^2^].
Ranah afektif adalah ranah yang mencakup kegiatan emosional (perasaan). Segala upaya yang menyangkut aktivitas perasaan adalah termasuk dalam ranah afektif. Ranah afektif memiliki lima jenjang atau aspek, yaitu: menerima (receiving), merespon (responding), menghargai (valuing), mengorganisasi (organizing) dan karakterisasi (characterizing). Tujuan aspek afektif berorientasi pada kemampuan bersikap yang mencakup kemampuan emosional yang lebih sederhana, yaitu menerima atau mendengarkan informasi atau stimulus tertentu sampai pada kemampuan membentuk nilai-nilai atau sikap tertentu yang menuntut siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai atau sikap tersebut dalam perilaku sehari-hari. Dengan demikian aspek afektif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan emosional yang sering berawal dari tingkat menerima sampai ke tingkat karakterisasi[^2^].
Ranah psikomotorik adalah ranah yang mencakup kegiatan fisik (motorik). Segala upaya yang menyangkut aktivitas motorik adalah termasuk dalam ranah psikomotorik. Ranah psikomotorik memiliki lima jenjang atau aspek, yaitu: persepsi (perception), siap gerak (set), panduan gerak (guided response), mekan aa16f39245